Thursday 26 January 2017

Memilih Waktu Terbaik untuk Berlibur!

Banyak pakar kesehatan maupun psikologi yang mengatakan bahwa liburan seharusnya tak hanya menjadi aktivitas nomor dua, atau bahkan aktivitas tersier. Karena terbukti ada banyak manfaat dari liburan. Memang masing-masing orang memiliki pandangan yang berbeda mengenai liburan tersebut.

Ada yang beranggapan liburan merupakan salah satu sarana untuk bekerja. Karena dengan berlibur, mereka ingin memperluas jaringan. Sehingga aktivitas ini dilakukan bersama dengan komunitas tertentu. Ada juga yang berlibur dengan tujuan untuk semakin mengenali diri sendiri. Saat berlibur mereka bisa memilih tujuan atau aktivitas yang paling sesuai dengan keinginan. Dengan demikian, semakin terlihat passion atau gairah yang kita miliki atas sesuatu.
Namun seperti yang dijelaskan diatas, masih ada banyak orang yang menganggap berlibur merupakan aktivitas mahal. Padahal sebenarnya jika Anda pandai memilih waktunya, maka Anda bisa menghemat biaya. Pilih saja low season atau masa-masa dimana orang sudah tak lagi ramai berlibur, seperti:
• Sesaat setelah tahun baru
• Sesaat setelah libur lebaran
• Sesaat setelah libur sekolah
• Masa-masa ujian sekolah di bulan Juni atau ujian semester
Dengan demikian Anda bisa memilih bulan-bulan Januari, Juni dan bulan-bulan setelah lebaran tiba. Setelah menentukan waktunya, tinggal Anda sesuaikan tujuannya. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih tujuan wisata adalah:
1. Cuaca yang saat itu sedang terjadi. Jika waktu tersebut sedang jatuh di masa hujan, akan lebih baik jika Anda memilih tempat wisata yang tidak menonjolkan keindahan alam. Pilih saja tempat seperti museum, taman bermain, wisata kuliner dan lainnya.
2. Anggaran yang Anda miliki. Karena hal ini bisa dipengaruhi oleh jenis makanan yang Anda harapkan untuk didapat. Masing-masing tempat tentu memiliki budaya sendiri bukan?
Kabar baiknya adalah jika Anda memilih mengunjungi tempat-tempat wisata saat low season ini adalah biaya akomodasi yang biasanya terdiri dari biaya penginapan dan juga tiket kendaraan, adalah lebih murah. Selain itu, Anda bisa leluasa menikmati suasana liburan karena pengunjungnya lebih sepi dibandingkan dengan saat-saat peak season.

https://www.jurnalpost.com/memilih-waktu-terbaik-untuk-berlibur/871/

Artikel Terkait